Bahan dan Zat Kimia yang ada disekitar kita

Ditulis oleh: -

Quote:Methylene chloride (dichloromethane)


Methylene chloride secara luas digunakan dalam banyak proses industri dan merupakan bagian dari kandungan dari banyak produk rumah tangga, termasuk semir sepatussemprot, cat anti bocor, penghilang noda, pewarna kayu, vernis, termasuk juga lem, minyak pelumas serta penghilang karat. Diakui oleh para ilmuwan di bidang kesehatan zat ini merupakan penyebab kanker dan mampu menyebabkan kerusakan pada janin yang sedang bertumbuh, system reproduksi serta system syaraf.


Quote:Arsenic


Industri di Amerika setiap tahun melepaskan ribuan pon arsenic, yang diketahui sebagai karsinogen (penyebab kanker) ke lingkungan, sebagian besar oleh pabrik-pabrik yang menggunakan arsenic sebagai pengawet kayu.


Quote:Asbestos


Asbestos, adalah mineral alami yang dikenal mempunyai sifat tahan panas dan tahan api, pada umumnya digunakan sebagai penyekat dan bahan bangunan, sampai tahun 1970-an, ketika diketahui bahwa ini merupakan penyebab penyakit paru-paru, bahkan kanker paru-paru. Walaupun dilarang digunakan pada produk rumah-tangga, asbes masih diizinkan digunakan sebagai penyekat ruangan, langit-langit, ubin dan dinding, semikian juga sebagai pedal rem mobil, paking dan kopling.


Quote:Material Nano


Material nano, secara meluas digunakan dalam produk rumah-tangga seperti pakaian, tirai matahari, kosmetik, perawatan diri, perlengkapan bayi. Karena sedemikian kecil mereka dapat memasuki paru-paru, melewati selaput sel dan bisa menembus kulit. Polusi udara yang sangat lembut, yang sebagian besar berukuran nano, diketahui sebagai penyebab kurang berfungsinya paru-paru dan menaikkan tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit paru-paru dan jantung.


Quote:Ozone

Ozone merupakan komponen utama kabut asap. Meningkatnya polusi ozone telah dikaitkan dengan ribuan kematian prematur setiap tahun. Di stratosfer, selapis ozon dapat melindungi bumi dari sinar ultra violet yang berbahaya. Namun kalau itu ada di dekat permukaan tanah, ozone merupakan polutan yang menyebabkan radang tenggorokan, nyeri dada, mengi, batuk dan sesak napas. Terlebih lagi bagai anak-anak dan penderita asma atau gangguan pernapasan lainnya.


Quote:Sulfur Dioxida


Sulfur dioxida, disemburkan ke udara oleh pabrik-pabrik berbahan bakar batu bara, menyumbang pada formasi hujan asam yang telah merusak ekosistem laut, serta meningkatkan penyakit pernapasan, terutama pada anak-anak dan orang berusia lanju, yang dapat memicu gejala asma yang parah, serta memperparah penyakit paru-paru dan jantung.


Quote:Hexavalent Chromium


Hexavalent chromium (a.k.a. hex chrome or chromium-6) adalah sejenis metal yang digunakan oleh sejumlah proses industri termasuk di antaranya pelapisan chrome, produksi baja, pembuatan cat dan semen. Banyak orang yang terpapar pada hex chrome, yang merupakan karsinogen yang sangat kuat, dengan menghirup udara yang terkontaminasi, juga dengan meminum air yang terkontaminasi.


Quote:N-hexane


N-hexane, sejenis larutan yang digunakan dalam perawatan rumah dan dalam produksi kerajinan dan benda seni, seperti lem semprot, semen perekat, cat dan penghilang karat, adalah zat kimia beracun yang menyebabkan kerusakan syaraf. Paparan n-hexane dalam jangka waktu singkat saja sudah dapat mempengaruhi otak dan menyebabkan sakit kepala, pusing, bingung, mual, kikuk, mengantuk dan pengaruh lain yang menyerupai orang mabuk.


Quote:Perchlorat

Perchlorate adalah zat kimia yang bisa mengacaukan hormon yang digunakan sebagai bahan bakar roket. Zat ini telah mengkontaminasi air minum lebih dari 20 juta penduduk Amerika. Perchlorat mempengaruhi asupan yodium ke dalam kelenjar tiroid, yang bisa mengurangi produksi hormom tiroid. Hormon tiroid sangat penting bagi perkembangan normal otak. Bahkan perubahan tingkat hormone tiroid sedikit saja selama kehamilan diketahui telah menurunkan tingkat kecerdasaan dan kemampuan belajar di masa kanak-kanak.


Quote:Trichloroethylene (TCE)


Trichloroethylene (TCE) digunakan sebagai bahan pelarut dan penghilang minyak dan merupakan kandungan yang umum dipakai dalam produk kebutuhan rumah tangga seperti cat, perekat dan penghilang noda. Merupakan polutan pada udara dan air, TCE dianggap sebagai “sudah pasti menyebabkan kanker pada manusia” oleh National Academy of Sciences. TCE adalah senyawa yang mudah menguap, maksudnya menguap dengan mudah dan sangat cepat ke udara. Menghirup sedikit TCE bisa membuat mata pedih dan tenggorokan gatal, menyebabkan sakit kepala, pusing dan sulit berkonsentrasi. Dalam jangka panjang bisa menyebabkab kerusakan padan system syaraf, ginjal dan hati.


Quote:Formaldehyde


Formaldehyde adalah karsinogen yang sudah sangat dikenal, dan banyak digunakan dalam produk sehari-hati serta bahan bangunan.

Formaldehyde merupakan zat kimia organic yang mudah menguap, itu berarti bahwa produk-produk yang mengandung formaldehyde mengeluarkan uap formaldehyde dalam jangka waktu yang cukup lama. Zat ini muncul sebagai polutan udara dalam ruangan karena dia sangat banyak digunakan dalam pembuatan bahan bangunan, karpet dan furniture. Formaldehyde digunakan dalam kebanyakan alat rumah tangga, termasuk plywood, furnitur, kayu lapis, produk kayu pres, wallpaper, perekat, antiseptik, kosmetika dan cat kuku.


Quote:TDCP/TCEP (Chlorinated Penjinak Api)

Sering kali disederhanakan menjadi “tris,” penjinak api – TDCP (Tris (1,3-dichloro-2-propyl) phosphate) dan TCEP (Tris (2-chloroethyl) phosphate) – digunakan dalam produk bayi, furniture dan barang-barang rumah tangga lainnya. Studi mengaitkan TDCP dan TCEP pada kanker dan keduanya didapati membahayakan hati, ginjal, otak dan buah pelir.


Quote:Atrazine

Atrazine adalah herbisida yang secara luas digunakan dalam skala besar dalam pertanian, terutama pada jagung. Zat ini demikian kuat mengacaukan hormon-hormon, penelitian laboratorium menunjukkan bahwa sedikit saja kita terpapar pada zat ini dalam dosis yang sangat kecil sudah bisa mengakibatkan gangguan reproduksi.

Dalam studi laboratorium, bahkan dalam dosis rendah, atrazine sudah sangat mengganggu system reproduksi pada binatang amfibi dan mamalia. Zat ini juga dikaitkan dengan kanker pada binatang maupun manusia seperti non-Hodgkin getah bening dan juga jumlah sperma yang sangat sedikit pada pekerja pertanian.

Quote:Carbaryl


Carbaryl (merek dagang Sevin) adalah insektisida yang secara luas digunakan dalam pertanian, demikian juga pada perawatan rumput dan binatang peliharaan. Bagaimanapun juga Carbaryl digolongkan juga sebagai karsinogen pada manusia serta sangat beracun terutama pada kumbang madu serta binatang penyerbuk lainnya. Oleh EPA (Environmental Protection Agency) Carbaryl digolongkan sebagai karsinogen pada manusia serta meracuni system syaraf. Zat ini dapat merangsang system syaraf secara berlebihan sehingga menyebabkan mual, pusing, bingung, dan dalam paparan yang tinggi, kelumpuhan system pernapasan serta kematian.

Khususnya anak kecil sangat rentan terhadap carbaryl serta pestisida yang lain karena tubuh serta otak mereka masih dalam perkembangan, dan zat kimia yang mempengaruhi system syaraf selama pertumbuhan dapat menyebabkan kerusakan yang sulit disembuhkan, bahkan kerusakan permanen.

Carbaryl juga sangat meracuni kumbang madu dan binatang penyerbuk lainnya dan mengakibatkan kekacauan pada koloni kumbang, yang mempengaruhi kumbang di seluruh negeri. Dapat meracuni rerumputan dan pertanian yang akhirnya juga akan meracuni aliran air serta sungai, yang pada gilirannya akan meracuni binatang air, termasuk salmon Atlantik yang hampir punah itu.


Quote:Chlorpyrifos

Chlorpyrifos (merek dagang Dursban) adalah pestisida yang dikembangkan sejak zaman perang dunia kedua dengan memproduksi gas syaraf yang sangat beracun bagi system syaraf. Walau dilarang digunakan dalam rumah tangga, namun tetap diperbolehkan digunakan untuk lapangan golf, untuk memproses kayu serta pada produksi makanan.

Terkena paparan chlorpyrifos dalam dosis rendah saja bisa menyebabkan mual, pusing, bingung dan kesulitan bernapas. Dosis yang lebih tinggi bisa menyebabkan kelumpuhan system pernapasan atau bahkan kematian. Anak kecil sangat rentan terhadap chlorpyrifos serta pestisida lainnya karena tubuh serta otaknya masih berkembang, dan zat kimia yang mempengaruhi system syaraf selama pertumbuhan bisa menyebabkan kerusakan permanen.


Quote:Endosulfan


Endosulfan, merupakan insektisida pertanian yang masih digunakan di China dan India, menyebabkan kekacauan hormon dan sangat beracun bagi system syaraf. Anak kecil sangat rentan terhadap endosulfan serta pestisida lainnya karena tubuh serta otaknya masih dalam perkembangan, san zat kimia yang mempengaruhi system syaraf dalam masa pertumbuhan dapat mengakibatkan kerusakan jangka panjang, bahkan kerusakan permanen.


Quote:Lindane


Lindane merupakan insektisida berbahaya yang digunakan untuk membasmi kutu rambut dan kudis. Lindane merupakan pengganggu hormon dan meracuni system syaraf. EPA punya bukti bahwa zat ini adalah zat karsinogen. Lebih jauh lagi, lindane mempunyai sejumlah efek samping, pada umumnya menyebabkan gangguan kulit, kebas, pusing, sakit kepala, diare, mual dan muntah. Efek samping yang lebih parah adalah serangan jantung serta kematian.


Quote:Bisphenol A (BPA)


Bisphenol A (BPA) merupakan komponen utama plastik polikarbonat dan digunakan sebagai resin pelapis sebagian besar kaleng kemasan makanan dan minuman. Paparan BPA, senyawa pengganggu hormon, pada studi terhadap binatang menjadi salah satu penyebab terganggunya masa pubertas awal serta gangguan reproduksi lainnya. Pada studi terhadap binatang, diketahui bahwa BPA mengacaukan hormon estrogen pada betinanya.


Quote:Lead


Lead (timbal), logam berat yang digunakan dalam berbagai produk rumah tangga, dapat mengganggu pertumbuhan otak serta system syaraf, menurunkan IQ dan meningkatkan hiperaktifitas.

Lebih dari 300.000 orang anak di Amerika menderita keracunan timah, dan tak terhitung yang darahnya mengandung timah yang tidak sehat itu. Timah menyebabkan kerusakan pada otak, ginjal, serta pembuluh darah jantung baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan dalam jumlah kecilpun, timah dapat menurunkan tingkat IQ seseorang, memperpendek rentang perhatiannya, dan meningkatkan hiperaktifitas serta perilaku agresif pada anak-anak.


Quote:Phthalates

Phthalates adalah sejenis zat kimia yang secara luas digunakan dalam pembuatan plastik. Phthalate membuat plastik lebih lentur tetapi menyebabkan larutan mudah menembus kulit. Sejumlah phthalate diketahui menyebabkan gangguan dalam melahirkan atau gangguan reproduksi pada pengujian pada binatang.

Phthalates diketahui mempengaruhi produksi hormone reproduksi pada binatang jantan dan mempunyai pengaruh yang sama terhadap manusia.


Quote:Propoxur (Pestisida pembasmi kutu)

Insektisida propoxur, digunakan pada pembasmi kutu binatang peliharaan, dan dikenal sebagai karsinogen bagi manusia dan meracuni sistem syaraf. Propoxur juga mempengaruhi sebuah enzyme penting, acetylcholinesterase, yang normalnya mengontrol pesan-pesan diantara sel-sel syaraf. Zat ini membunuh kutu dengan cara mempengaruhi kegairahan yang luarbiasa berlebihan pada system syaraf.


Quote:Tetrachlorvinphos (Pestisida pembasmi kutu)

Tetrachlorvinphos (TCVP) adalah pestisida fosfat organic yang digunakan untuk membunuh kutu. Zat ini juga merupakan karsinogen bagi manusia dan meracuni sistem syaraf. TCVP juga mempengaruhi enzyme penting yang disebut dengan acetylcholinesterase, yang biasanya mengontrol pesan di antara sel-sel syaraf. Zat ini membunuh kutu dengan cara memicu kegairahan yang luarbiasa dan berlebihan pada system syaraf. Dalam dosis yang besar zat ini dapat membahayakan atau membunuk kucing, anjing dan dalam keracunan yang ekstrim juga membahayakan hidup manusia.

Quote:
Merkuri

Kalau terpapar pada merkuri (air raksa), bahkan hanya dalam tingkat yang rendah, dapat menyebabkan kerusakan syaraf, memori, kesulitan belajar, serta keterlambatan bicara serta kemampuan membaca pada anak-anak. Kebanyakan orang terpapar oleh merkuri karena mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi. Unsur-unsur merkuri (metalik) serta semua senyawanya adalah beracun, terpapar secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan permanen aatau kerusakan fatal pada otak dan ginjal. Unsur merkuri juga bisa terserap melalui kulit dan menyebabkan reaksi alergi.


Quote:Triclosan dan Triclocarban (Antibakteri)

Triclosan dan triclocarban merupakan zat kimia anti bakteri yang biasanya ditambahkan pada produk-produk makanan. Dalam penelitian laboratorium, didapati bahwa kedua zat ini mengacaukan system hormon dan bisa mendorong pertumbuhan bakteri penolak obat atau yang sering disebut dengan “superbug.”

Percobaan pada binatang menunjukkan bahwa kedua zat ini dapat mempengaruhi hormon yang sangat penting bagi perkembangan dan berfungsinya otak dan system reproduksi secara normal. Triclosan diasosiasikan dengan tingkat hormon tiroid dan testosteron yang sangat rendah, yang dapat mengakibatkan perubahan perilaku, ketidak mampuan belajar, atau kemandulan.


Quote:Di atas adalah zat-zat kimia yang membahayakan kehidupan kita, yang saat ini sedang mengintai di sekeliling kita. Semoga tulisan ringkas ini bermanfaat bagi Anda, keluarga Anda serta handai taulan Anda. Semoga kita semua semakin bijak dalam memilih produk yang akan kita gunakan, produk yang aman bagi keluarga yang kita cintai. Semoga para produsen serta pengguna zat-zat yang membahayakan kehidupan ini, cukup bertanggung jawab untuk tidak lagi menggunakannya dalam produksi mereka, dan menggantinya dengan zat lain yang tidak berbahaya.

1 komentar :